Pages - Menu

Saturday, November 24, 2018

My Social Media, My Rules!

"seberapa greget kamu main media sosial?"

"pokoknya kalau sudah log in, bakal susah log out deh"


Sepenggal celotehan diatas bisa dianggap lucu atau bisa juga dianggap ngenes sih ya. Karena jaman now media sosial benar-benar jadi candu bagi sebagian besar orang. Susah berhenti, bakal keterusan atau adiktif. Karena kata-kata "the world is in your hands" jadi nyata dengan adanya media sosial dan internet. Kita bisa berteman dengan warganet dari seluruh penjuru dunia. Kita bisa tahu informasi dan berita yang terjadi di belahan dunia bagian manapun. Hanya dengan koneksi internet dan media sosial.

Apalagi fitur yang disediakan oleh media sosial makin beragam. Snapgram, FB story, live, thread twitter, fitur hiburan seperti filter foto, polling, question, sticker dan GIF lucu, tag lokasi, dan lain-lain seakan mengajak kita untuk tetap hooked dengan media sosial.

Saya juga tak terkecuali. Walaupun jarang posting, tapi saya tetap rajin membuka aplikasi media sosial. Mencari info. Seakan gak mau ketinggalan update tentang banyak hal. Dari mulai dunia seleb korea, K-Pop thingy, resep-resep masakan dan kue, ilmu parenting, gaya hidup, sampai trik menata kamar dan dekorasi rumah. Apa yang tidak ada di media sosial?

Stres karena anak nangis? Coba cari akun komedi yang isinya meme-meme lucu, menghibur sekali. Kangen teman masa kecil? Tinggal DM. Kalau gak punya akunnya, coba search nama panjangnya di FB atau Instagram, kemungkinan besar keluar, atau cari melalui mutual friend. Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan hanya melalui beberapa apps di smartphone.

Tapi seperti pedang bermata dua, media sosial bisa juga "membunuh", atau memberikan dampak negatif pada penggunanya. Saya pribadi mengakali itu dengan beberapa rules DONT's yang diterapkan bagi diri saya sendiri.

1. Don't overshare.

Berusaha untuk tidak oversharing keseharian saya. Posting ala kadarnya saja. Tidak posting sehari atau sebulan pun ya tidak apa-apa. Tidak posting saat ada kegiatan menarik yang sedang diikuti pun ya tidak apa.


2. Don't believe and share hoax.

Check and recheck semua info itu keharusan. Kalau tidak yakin lebih baik tidak share. 


3. Don't spread negativity.

Tidak membuat postingan negatif dan hate speech. Berlaku juga saat menanggapi suatu pemberitaan, harus menahan diri untuk tidak mengomentari hal-hal yang tidak perlu dan bukan urusan saya. Karena hanya akan menyebarkan aura negatif.


4. Don't forget that I have a real life.

Ini paling penting. Jangan lupa kalau ada suami dan anak yang mesti diperhatikan kebutuhannya. Ada pekerjaan rumah yang menunggu untuk diselesaikan. Ada mata yang harus dijaga agar minus tidak nambah. (fyi minus mataku sudah parah gengs, minus 7.5 loh). Karena disaat saya sibuk di dunia maya, percayalah dunia nyata saya terbengkalai.


Simpulannya, kalau kita menggunakan media sosial sesuai porsinya maka semua akan aman saja. Sesuai porsi, tidak berlebihan.

No comments:

Post a Comment

Silent Readers are Welcome, but Comments are Always Loved.. Thank You...