Pages - Menu

Monday, November 26, 2018

5 UKM Kuliner Dekat Rumah yang Recommended

Halo gaesss..

Saya tinggal di Kota Balikpapan, kec. Balikpapan Utara. Sudah disini sejak 2011, sebelumnya saya tinggal di Bandung sejak lahir. Kalau di Bandung terkenal dengan surga kuliner, semua jenis makanan ada dan mudah didapat.  Sedikit sekali yang tidak enak. Makan di warteg gang dekat kampus saya dulu saja sudah dapat enak dan puas dengan harga yang murah. Setidaknya itu kenangan kulineran saya selama di Bandung.

Nah kalau di Balikpapan ini saya sih jarang keliling dengan tujuan icip-icip kuliner tertentu jadi tidak bisa rekomendasikan kuliner di satu kota ini. Tapi untuk yang dekat rumah aja masih bisa loh. Ini dibawah UKM kuliner yang menurut saya pas di lidah dan pas juga di kantong, yang lokasinya gak jauh dari rumah saya, di daerah Km. 2,5 Balikpapan. Kalau ada yang rumahnya dekatan, bisa dicoba juga ya...



Warung Ikan Bakar Pak No
Ikan bakar sama ayam bakar disini emang juarak! Tempatnya gak pernah sepi, habisnya cepat, jadi kadang kesana tempatnya udah tutup. Ikan dan ayam bakarnya guedeeee, bumbunya meresap kedalam, matangnya pas, lembutnya pas, dan nggak amis. Karena saya gak suka sambal jadi gak bisa review sambalnya tapi kata suami sambalnya juga enak.
Kalau masalah harga standar lah ya, ayam bakar 25rb, ikan bakar 40rb. Eits itu sudah dapat yang gede banget loh dan bisa dimakan satu rumah.

Bakso Millenium
Lokasi bakso ini gak jauh dari Warung Ikan Bakar Pak No, hanya beda beberapa bangunan. Dari rumah, hanya memakan waktu sekitar 4 menit saja bisa sampai kesini, jika menggunakan sepeda motor.
Baksonya sangat kenyal, gurihnya pas, gak amis daging sapi tapi terasa banget dagingnya, sambalnya juga enak (kata suami). Oia selain bakso, mie ayamnya juga endeus surendeussss. Padukan saja dengan es jeruknya, yang manisnya pas, gak kecut tapi gak manis banget. Layak banget untuk dicoba kalau ada yang berkunjung ke sini. 
Untuk harga gak mahal kok, 13rb/porsi saja loh.

Bakwan Bintang Malang
Kalau yang ini bukan hanya terkenal seantero Balikpapan Utara gaes, tapi sekota Balikpapan. Saya selalu cari yang gurih ketimbang yang manis, makanya bakwan ini jadi idola banget di lidah, karena gurihnya nampol banget. Baksonya beragam, ada bakso urat, bakso halus, bakso goreng, tahu bakso goreng, pangsit goreng dan rebus. Rasanya benar-benar enak. Untuk porsi komplit harganya hanya 20rb/porsi kok, itu sudah makan kenyang banget.

Lalapan Lesehan Mr. Chaki
Dilihat dari nama tempatny, maka yang diunggulkan disini adalah lalapannya, ayam dan ikan goreng yang enak, bumbu OK, dan lembut gak bikin sakit gigi menjadi-jadi. Tapi selain itu, nasi gorengnya juga ternyata enak banget loh. Lengkap dengan telur dadar (yang gak tau gorengnya pake bumbu apa tapi enak bangeeet) dan irisan bakso yang lumayan banyak untuk harga 13rb/porsi, cocok banget buat makan malam keluarga gaesss...

Roti Gembong Kotaraja
Last but not least, cemilan favorit sekota Balikpapan, Roti Gembong. Ingat waktu pertama kali roti ini buka di pusat kota, jam 8 pagi sudah habis tak tersisa, yang rumahnya jauh kaya saya ini, pastilah gak akan kebagian. Makanya waktu roti ini buka cabang di daerah dekat rumah, saya senang sekali. Rotinya lembuuuut banget, dimakan besok paginya juga masih tetap lembut. Varian isinya banyak, ada cokelat, keju, cokelat keju, srikaya, pandan, peanut butter, ada juga yang original tanpa isian. Nah yang terakhir itu favorit saya, yang original dan peanut butter. Isian dalam rotinya melimpah, banyak banget.

Beberapa hari lalu mereka sediakan varian baru, saya sih belum sempat coba tapi kayaknya enak juga. Namanya roti gembong pizza dengan 2 pilihan rasa, chicken blackpepper dan sausage pizza. Nah, pakai keju mozarella juga gaess jadi lumer di mulut. 

Itu tadi 5 UKM kuliner favorit saya yang masih seputaran daerah rumah. Untuk foto menyusul ya, karena saya belum terbiasa ngeblog pakai HP.

Thanks for reading, anyway....

No comments:

Post a Comment

Silent Readers are Welcome, but Comments are Always Loved.. Thank You...