Pages - Menu

Monday, March 14, 2016

Saya, Dapur, dan Self-Upgrade



Kalo mau flashback ke dua tahun lalu dan ke belakang-belakangnya, dua kata SAYA dan DAPUR itu gak bisa beriringan. Saya gak suka dapur, dan dapur pun gak suka saya yang gak bisa ngapa-ngapain ini. Saya benci bawang-bawangan, padahal itu bumbu krusial dalam perdapuran. Saya benci menggoreng karena takut kecipratan minyak. Pokoknya, saya dan dapur itu gak ada cocok-cocoknya deh. Inget pas SMA dulu ada senior datang kerumah saya pas gak ada mama, saya coba-coba bikin telur dadar eeeeeh malah aneh rasanya, ternyata bukan garam yang saya campur ke telur itu tapi pengawet kue (lupa namanya) pantesan aja kan rasanya aneh  -___- menurut ngana???


Jadi dulu kalo mama tanya nanti kalo udah nikah gimana kalo gak bisa masak, ya enteng aja sih jawabnya pake ART lah ma, wong mo jadi wanita karir kok. Pokoknya kekeuh, harus cari suami yang setuju istrinya kerja dan pake ART buat dirumah. DEAL. Nikahnya harus sama horangkayah yaaaahh. Tapi, kenyataan tidak semulus ceritanya drama Korea.

Setelah nikah, saya sempat kerja sebentar dan langsung ambil cuti abadi sejak lahiran. Tinggal sama mertua benar-benar membantu proses tulenisasi (halaaah) saya menjadi full time ibu rumah tangga, dimana masak adalah salah satu tugas IRT, dan dapur adalah salah satu tempat menghabiskan me time paling banyak selama jadi IRT. So, the journey goes on.....

Langkah awal saya ya menghapal bumbu. Puji Tuhan sekarang udah gak pernah ketuker lagi antara lengkuas, jahe, dan kunyit. Minimal bumbu-bumbu yang sering dipakai lah. Terus sekarang udah bisa ngulek sendiri dengan cepat. Practice makes perfect indeed, dulu bikin sambal harus di blender, sekarang mah udah bisa ngulek sendiri bahkan tiap hari saya ngulek, karna katanya lebih enak hasil ulekan daripada blender. 

Masakan jadi pertama saya itu oseng kangkung. Inget banget pertama kali rasanya hambar, berikutnya keasinan dan perlu berhari-hari supaya nemu komposisi yang pas dengan rasa yang pas, kadar air yang pas, dan matangnya juga pas supaya sayurnya pun masih segar dan orang rumah mau makan. Sampai saat ini sih menu andalan dirumah oseng sayur segala rupa, kangkung, sawi, packcoy, pare, pakis dll. Kadang saya mix sama udang kecil-kecil atau tahu goreng. Pokoknya mah untuk buibu yang baru mau belajar masak, oseng sayur udah paling aman deh.

Kalau lauknya, biasanya cari aman sih langsung goreng yah. Ayam goreng, ikan goreng, dsb. Kalau mau agak beda tinggal beli tepung bumbu jadi, goreng deh. Tapi belakangan saya lagi suka tahu telur saus pedas, atau oseng cumi, semur, dll. Supaya ada kreasi dikit jadi gak bosen hehe. Naikin level saya juga kan, jadi gak stuck.

Rencana kedepan saya mau belajar baking. Sebulan kemarin pas ada acara dirumah, saya beli tepung kue Pon*an dua varian dan saya buat sendiri dirumah, dan sepertinya sih I got hooked on that baking thingy. Nanti kalo jadi hasil bakingnya (yang gak pake Pon*an) saya pasti share lagi disini. Haha.

I think I've found my new passion in the kitchen. Dulu pas awal saya pikir saya masak hanya sebatas kebutuhan, suami pulang harus ada makanan nih dirumah so saya masak. Tapi lama kelamaan saya merasa di dapur lah kebebasan saya dapatkan, semangat untuk upgrade diri menjadi lebih bisa dan lebih bisa lagi. Saya yang dulunya bahkan gak pernah memimpikan untuk makan masakan sendiri sekarang malah bisa masakin untuk satu rumah. Tapi, skill saya ibarat sekolah sih masih di elementary masih basic banget, dan akan saya asah setiap harinya, tujuannya sih cuma satu, dimasa depan kalau anak saya sudah sekolah, kalo ditanya sama teman-temannya makanan favoritnya apa, dia bisa jawab dengan masakan mamanya. Hihihi ngebayanginnya aja udah merinding tapi exciting juga at the same time haha.

So, jangan takut untuk upgrade dirimu. Kamu sepuluh tahun lalu pun gak akan bisa diterawang masa depannya akan jadi seperti apa. Kamu bisa jadi orang yang sangat berbeda dari masa lalumu. Upgrade yourself.




10 comments:

  1. jadi inget dulu pernah niat mw masak utk suami dan anak pas mbak art lg pulkam. Belanja deh ke swalayan langganan, sambil bawa catatan apa2 yg mau dibeli. tapi pas baca bahan2nya, lgs keder karena aku ga tau bntuk2 kyk sereh, lengkuas, kemiri, merica, jinten dkk nya itu :D..akhirnya sambil nahan malu, terpaksa deh nanya ke ibu2 yg lg belanja, tolong pilihin barang2 yg aku butuhin :D

    yg bikin aku bersyukur sih, mertua ga masalahin aku ga bisa masak dan jarang bgt masuk dapur , krn beliau sndiri ga bisa :D.. tapi yg slalu ngomelin soal ini, malah mama kandungku sndiri .. tapi yo wislah.. yg ptg suami juga ga masalahin ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, dapetin suami&mertua yg pengertian itu surga banget memaaang.. haha

      Delete
  2. sampai sekarang gak pandai masak, stelah anak2 pindah ke luar kota, akhirnya makan beli di luar, ha,ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti anak-anaknya udah pada gede ya Mak? Aku puuun masih sering beli diluar mak.. rasa ayam goreng bikinan sendiri kadang tak seenak ayam goreng di pinggir jalan huhuhuuu

      Delete
  3. aku jugaaaa, sm kayak mah tira, aku jg blm mahir masak nih mak, menu2nya cm2 itu2 doank, untung aja org rumah gk ada yg protes, selamet selamet

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kadang seminggu bisa hanya tiga menu berulang, Mak.. soalnya jarang ke pasar jadi beli di tukang sayur dan bawanya pun itu-itu juga hahaha kalo dirumahku favoritnya itu tahu jd asal ada tahu mau dibikin apapun juga gak bakal ada yg protes wkwkwk

      Delete
  4. Dulu awal-awal nikah suami juga ogah-ogahan makan masakan aku Mak, sekarang setelah 5 tahun berselang alhamdulillah dia doyaaan. hihihihii. Mari upgrade diri! Semangaaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOOOOOSSS dulu aaaah.. suamiku pun banyak protes dulu mak, kalo dya gak sreg mah pulang kerja langsung ngacir beli makan diluar.. ehmmmm makan ati juga digituin mak.. haha

      Hayuuukk semangaaaaaat Mak.. follow akun IG yg suka berbagi resep masakan mak biar nambah materi.. hehehe

      Delete
  5. Jiahahahaha, aku pun! Rasanya paling males ke dapur. Ke dapur cuman bikin indomie aja. LOL. Tapi semua berubah sejak punya anak ya, Mba >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. walau lebih rempong sih sejak punya anak tiap ke dapur pasti ditangisin muluuukk skrg.. hohoho

      Delete

Silent Readers are Welcome, but Comments are Always Loved.. Thank You...