Pages - Menu

Wednesday, February 3, 2016

Tips Nyaman Tinggal Di Pondok Mertua Indah

Halo gaesss...

Tinggal di Pondok Mertua Indah alias tinggal sama mertua itu kata sebagian orang sih horor ya, belum lagi ratusan aturan baku yang sudah diterapkan sama mertua kadang kebalikan dari apa yang kita mau dan biasa kita lakukan, iya gak?! Keponakan saya, umurnya masih belasan, beberapa bulan lalu nikah dan tinggal sama mertuanya, dan apa coba yang dia lakukan di minggu-minggu pertama pernikahannya? Ya kerumah saya sebari nagging ekstra soal mertuanya yang nyuruh ini-itu. LOL

Tapi apa seseram itu rumah mertua? Ada gak sih yang bisa kita lakukan untuk bisa tinggal enak, nyaman, tenang, aman, damai, tentram di rumah mertua? Jawabannya ya pasti ada donk. In my case, saya dari awal nikah tinggalnya ya numpang mertua jadi adalah dikit-dikit tips untuk mensiasati itu. Simak tips ala-ala saya ini yah.



Cari tahu kebiasaan mertua.

Kalau mertua saya sukanya minum teh hangat tanpa gula sepanjang hari, jadi tiap habis bikin lagi dan gitu seterusnya, ya saya buatkan yang seperti itu setiap harinya. Kalo siang sukanya minum kopi panas tanpa gula juga, ya saya buatkan juga. Gampang kan. Awalnya sih saya juga gak biasa, tapi lama-lama itu jadi salah satu rutinitas loh. Dan, itu pastinya bikin mertua happy.



Ikutin rulesnya dirumah.

Setuju ya kalau mertua itu orangtua kita juga? Nah, rulesnya pasti kan yg baik-baik juga dan mengarah ke hal-hal disiplin kan, jadi kenapa enggak kita ikutin yang baik-baiknya. Misal mertua saya kasih aturan simple dalam hal perdapuran, pokoknya mau enggak mau harus ada nasi dirumah., karna takutnya ada tamu dadakan ya seenggaknya nasi ada lah. Ya siasatinya gampang, saya cek berkala nasi di rice cooker, semisal udah mau habis nih saya masak lagi di rice cooker satunya lagi. Jaga-jaga juga takutnya mati listrik jadi sigap aja masak nasi kapanpun.



Cari tahu hobi dan kesukaannya.

Kalau saya sih sudah observasi hal ini dari zaman masih pacaran sama anaknya, mertua saya hobinya nonton dan kesukaannya nonton drama Korea. Ini yang gak perlu pake usaha keras sih buat saya soalnya hobi saya pun sama. Jadi tinggal beliin/downloadin drama-drama Korea aja dan nemenin pas nonton. Tapi agak susahnya karena mertua saya lebih suka yg genre historical dan drama-drama keluarga yang episodenya bisa sampai ratusan sedangkan saya suka drama Korea yang cuma enambelas atau duapuluh episode jadi ya paling saya nemenin sebentar-sebentar aja. LOL


Ajak komunikasi.

Yang terakhir dari saya dan yang paling penting sih, ya ajak ngobrol, ajak komunikasi, tukar pikiran. Mertua saya paling seneng sih diajak ngobrol, dicurhatin, dan didengarin ceritanya, jadi hari-hari ya itu kegiatan kami dirumah. Lama-lama dari yang frekuensi ngobrolnya sedikit, jam terbangnya naik dikit-dikit. Sekarang saya dalam fase bisa menceritakan apapun ke mertua saya, sekalipun curhatin anaknya kalau kami lagi berantem hehe. Gak ada yang lebih nyaman kan dari mengerti dan dimengerti oleh mertua sendiri?

Nah, sekian dulu tips ala ala dari saya, semoga membantu. Kalau punya tips lain, bisa sharing juga di kolom komentar. Thank you. 


5 comments:

  1. tergantung dapet mertua tipe gimana sih ya mbak.. sejujurnya dr awal nikah aku udh bilang, ga bkl mau tinggal ama mertua, ato ama ortuku juga ga mau. pengen pisah pokoknya... prinsipku, yg ptg jauh tapi rukun, daripada 1 atep tapi berantem trus dan sakit ati ;D.. skr sih, solusi adil nya, kita beli rumah dekeeet bgt ama rumah mertua ;).. jadi sama2 enak.. aku bebas di rumah sendiri, tapi masih ttp kompak ama mertuakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener.. gak bisa pukul rata semua mertua sama.. kalo tinggal gak satu atap malah bikin nyaman kenapa nggak ya kan?! malah banyak pengantin baru sih milihnya ngontrak sendiri aja spy berjuang dari nol sama-sama tanpa ada campur tangan pihak manapun, termasuk mertua.. =) pokonya mah dibikin nyaman aja deh, toh kita dan suami yang jalanin rumah tangganya hoho

      Delete
  2. Siap di praktekan jika sudah menikah Mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. waaaaaahh didoain cepat nikah yaa dan dapet mertua yg diidamkan yaa AMIN mak.. hihi makasih udah mampir Maaaak.. =)

      Delete

Silent Readers are Welcome, but Comments are Always Loved.. Thank You...