Pages - Menu

Wednesday, October 14, 2015

A Day Drama for a Lifetime Happiness

Halo!

Ceritanya supaya blog ini sah jadi blog emak-emak, saya buatlah postingan blog ini yang isinya cerita persalinan saya tepat setahun kemarin. Mumpung masih fresh banget di otak saya walaupun sudah setahun berlalu, so bear with me yaaaaa XD

Langsung saja ke hari-H, yaitu 15 Oktober 2014.




Pagi-pagi saya ke Puskesmas nemuin bidan yang sudah saya booking khusus untuk saya lahiran, namanya bidan Ram. Kandungan saya sudah masuk 40 minggu dan saya takut kalau plasentanya ketuaan (kaka ipar saya melahirkan di usia kandungannya 38 minggu dikasih obat perangsang sama dokternya karena plasentanya ketuaan). 

Sebelumnya bidan Ram menganjurkan induksi alami saja tanpa rangsangan apapun, misal hubungan badan dengan suami, atau jalan kaki keliling kompleks pagi-pagi sambil elus-elus perut dan ngajak si bangbay ngobrol "pinter-pinter cari jalan lahir ya sayang", dll. Jujur semua itu sudah saya lakukan tapi memang belum waktunya aja kali ya.

Singkat cerita, pada hari itu, bidan Ram mau membantu saya merangsang si bangbay supaya cepat keluar, dia menelpon salah satu dokter kandungan senior di kota saya dan meminta saran. Gak berapa lama, dia bilang ke saya kalau dokternya kasih resep obat *yang katanya rahasia bahkan namanya pun saya gak dikasitau dan itu katanya obat mahal* yang bisa bikin si bangbay (abang bayi) cepat turun. Katanya pun hanya bidan or dokter aja yang bisa nebus obat ini ke apotik, jadi saya deal datang kerumahnya bidan Ram, gak terlalu jauh juga dari rumah saya, jam 5 sore.

Tadinya agak bete juga disuruh nungguin sampe sore, soalnya kontraksinya mulai sering kan. Bener-bener gak tahan deh, rasanya pengen teriak BELAH AJA DEH PERUT GUEEEE BELAAAAH SEKARAAAANG. 

Jam 5 sore teng, saya sama mama saya datang ke rumah bidan, periksa tekanan darah dan detak jantung bangbay, periksa bukaan juga, saat itu masih bukaan 1, abis itu saya dimasukkan semacam selang isinya air sabun *kalau gak salah* agar saya BAB saat itu juga, supaya pas saya lahiran nanti dalam keadaan bersih, dan saya pun langsung ke WC buang kenangan sama mantan #eh buang kotoran. 

Abis itu saya balik ke posisi tidur lagi supaya bidan bisa masukkin obat yang tadi dibelinya di apotik, 1 pil kecil dibagi lagi jadi 4 bagian, karena saya hanya akan dikasih 1/4nya saja. Terus dimasukkin lewat jalan lahir bangbay. Bidan Ram udah kasih warning sebelumnya, "Mules kamu bakal 2 kali lipat lebih sakitnya karna obat ini. Terus obat ini efeknya hanya sampai 6 jam kedepan. Kalau jam 12 malam nanti belum ada efek juga (red : belum mulas parah dan belum lahiran) mau nggak mau harus ke RS loh yah!" =_= saya jadi pesimis, bener-bener gak mau ke RS dan idealnya saya ya lahiran di bidan. Normal. 

Akhirnya saya pulang lagilah kerumah. Dirumah, dicekokin telur ayam kampung mentah LAGI setelah tiga hari berturut-turut dikasih gituan. Sumpah, gak enak banget, tapi si mama berkeyakinan ritualnya ini bisa bikin bangbay cepat keluar. -___- Mama mertua saya ngecekin lagi tas besar yang akan saya bawa ke bidan nanti, takut ada yang kelupaan belum dimasukkin. 

Jam 7 malam. Saya udah pake daster untuk lahiran dirumah. Kontraksi makin hebat, makin sering, dan makin sadis. Sampai pole dancing di kaki meja makan saking sakitnya. Tapi dengan enaknya tadi sore bidan Ram ngomong, "jangan kerumah dulu kalau kamu mules tapi masih bisa ngomong. Kalau udah mau lahiran itu udah gak bakal bisa ngomong." -___- Bener-bener deh ibu bidan yang satu itu. Lelah hayati. 

Kaka ipar mulai konstan ngitungin kontraksi saya, dari 10 menit sekali, 7 menit sekali, 5 menit sekali. Saya sih udah gak sanggup mo ngitungin lagi, sakitnya kebangetan. Kaya rollercoaster, naik turun naik turun. Mama saya suapin nasi sama telur mata sapi, terus mertua saya bikinin teh yang maniiiis banget *enak banget kan saya* XD

Jam 8 lebih, kontraksi makin sering, ada kali 3 menit sekali. Kaka ipar saya bikinin satu gelas teh manis lagi, tapi pas saya mau minum seketika muntah. Udah, mertua saya bilang, kerumah bidannya aja sekarang. Gak pake lama, saya, suami, mama saya, dan mama mertua pergi ke rumah bidan yang makan waktu kurang dari 10 menit. 

Pas sampai, langsung cek tekanan darah, detak jantung bangbay, dan bukaan. Ternyata baru bukaan dua. Dayumn. Saya pikir sudah bukaan tujuh gitu soalnya sakitnya udah bukan main. Bidannya masih ketawa-ketawa aja, dia bilang bakal ada yang bantuin, bidan lebih senior dari dia, tapi nanti aja dipanggilnya kalau udah bukaan lima keatas. 

Kontraksi demi kontraksi, saya turun naik ranjang, berdiri jongkok tidur semua posisi sudah saya coba. Pengen banget nungging tapi gak boleh. Ngeden gak boleh. Jadinya saya stres. Semua ilmu yang saya dapet selama kelas kehamilan buyar seketika. Ngatur pernapasan yang baik lah, posisi yang baik, pikiran positif dll, semuanya ganti jadi rasa nyeri, takut, separo bahagia tapi separo UDAH LAH BANG, KALO GAK MAU KELUAR DIDALEM AJA. Asli. Pikiran jadi kacau banget. 

Mertua berusaha nenangin, bisikin kata-kata penyemangat, kata-kata motivasi, kata-kata penuh sabar, tapi saya nangis sambil bisikkin balik "tapi gak kuat maaaaaa......." Suami saya sih anteng diluar sambil sesekali nengokin kedalam terus keluar lagi. Kalau mama saya sih lebih ke takut makanya gak mau masuk sampai bangbay keluar LOL.

Kurang lebih jam 10, bidan ngecek bukaan lagi. And surprise, BUKAAN LIMA. Saya semangat lagi.

Bidan Ram langsung telfon bidan senior yang katanya mau bantu, saya lupa namanya jadi sebut saja bidan M. Dia minta dijemput di daerah rumahnya, akhirnya suami saya yang jemput. 15 menitan, suami saya balik ke TKP bersama bidan M. Saat bidan M datang saya sudah bukaan tujuh. Dan pada saat itu, saking konstannya kontraksi saya jadi gak kerasa sakit luar biasa lagi.

Gak lama, cek bukaan lagi. BUKAAN DELAPAN. OHMAIIII. Saya panik. Udah mau dekat nih mau dekat. Bentar lagi. YA TUHAN.

Bidan M suruh atur napas. Ambil posisi ngeden yang baik, yang diajarkan di kelas kehamilan. Saya disuruh ngeden yang kuat dengan benar. First attempt saya gagal saking paniknya, plus juga udah keringetan dimana-mana. 

Lalu, bidan M panggil suami saya untuk masuk dan megangin kaki saya. 

"Karena ada ambeyennya, saya gunting sedikit disini ya supaya lebih gampang keluarnya. Beberapa cm aja kok." kata bidan M. Saya bingung, "disini mana maksudnya, bu?" Belum selesai saya nanya, tiba-tiba saya ngerasa bagian V saya digunting. DIGUNTING, PEMIRSAAAAH. Sakitnyaaaaa. Tapi sakitnya sebentar aja soalnya mulesnya muncul lagi, "mules lagi bu. mules lagi" kata saya. 

Saya ambil posisi lagi. "ngedennya sekali napas aja, jen. udah mau keluar kok." bidan Ram meyakinkan. 

Tarik napas panjang. Ngeden lagi. Panjaaaang. 

"Baca doa. Baca doa." bidan Ram.

"Ayo dikit lagi. Yang kuat." bidan M.

"Udah keliatan kepalanya itu, je. Ayo keluarin badannya." mertua.

"Dikit lagi, de. Ayo donk." suami.

Lalu saya merasakannya, something slipped out from inside me. Dan rasanya LEGAAAA SEKALIII. Feels like something had been removed from my body. And, I heard his first sound. His crying voice. So loud. 

"Jam sebelas lebih lima belas ya." kata bidan Ram, supaya saya tahu persisnya kapan bangbay lahir.

Saat itu saya gak bisa menangis, gak bisa terharu. Saya terbahak-bahak. Ketawa sepuasnya sampai satu ruangan bingung. Mertua saya yang pertama meluk saya dan ucapkan selamat. Lalu saya lihat-lihatan sama suami sambil senyum penuh arti. Mama saya yang sudah masuk ke ruangan setelah dengar bangbay nangis, ngucapin selamat juga. 

Bangbay nangis terus gak berhenti dari saat dia keluar, sayanya masih terus ketawa. Bangbay dilap, lalu ditaruh di dada saya untuk IMD. And, it's indeed a magical thing. Bangbay mencari puting saya sendiri dan sukses. Sambil saya dijahit. Jahitan saya total tujuh, tiga didalam empat diluar atau kebalikannya saya lupa. Anehnya, saat dijahit walaupun gak dibius sama sekali, saya gak merasakan sakit, mungkin karena saya lagi fokus banget sama makhluk kecil yang lagi ngisepin puting saya kali ya, atau mungkin juga karena rasa sakitnya gak sebanding sama kontraksi-kontraksi sebelum lahiran sebelumnya. Had no idea. 

Selesai dijahit, bangbay diambil dari saya untuk dibersihkan kemudian diukur tinggi dan beratnya, karena udah hampir tengah malam jadi gak dimandikan. 

Dari kamar lahiran, saya disuruh pindah ke kamar sebelah yang lebih besar. Disitulah saya, bangbay dan mertua saya bermalam. Suami sama mama saya pulang kerumah karena besoknya suami harus ngantor lagi.

Saya gak jago bergadang, tapi malam itu saya gak bisa tidur. Saya gak berhenti memandangi bangbay sambil mengucap syukur sama Tuhan atas berkatnya yang luar biasa.

foto pertamanya Micky
Malam itu juga, saya kabari teman-teman saya via BBM, Whatsapp, SMS, dan FB. Beruntun kata selamat datang malam itu juga and I feel like I was the happiest woman alive. 

screenshot status FB tahun lalu

Bangbay pun sesekali gelisah sambil monyong-monyongin bibirnya LOL. Saya kasih lagi deh puting saya. Walaupun kata bidan Ram ASI saya belum keluar malam itu, tapi tetap aja saya sodorin semalaman. Over PEDE. Dan, sekarang genap setahun deh si bangbay ngASI dari saya langsung. Ah, indahnya hidup.


kan monyong kaaaan..? XD


Akhir kata, terimakasih banyak untuk semua yang terlibat dari saya hamil sampai melahirkan, dan sampai sekarang. Anak saya, bangbay a.k.a Micky, sudah genap 1 tahun hari ini dan it's an amazing journey buat saya, and I cannot wait for more excitement in this life because of this boy.

Special thanks to Kakak Ipar, Bidan Ram, Bidan M, Mama, Mama Mertua, Suami..... Thanks for that wonderful night, a year ago. Kalian adalah perpanjangan tangan Tuhan dalam mewujudkan keajaiban-Nya dalam hidup saya. God bless you all.



This is my giving birth story... 
How about you? 
Link me your story post 
to the comment box below 
and I'm gonna read it for sure. ^_^








No comments:

Post a Comment

Silent Readers are Welcome, but Comments are Always Loved.. Thank You...